Jumat, 09 November 2012

DANAU SIPIN JAMBI, FENOMENA OXBOW LAKE



Ketika sedang santai menikmati Malam Sabtu (malam favorit bagi mahasiswa geologi) sambil disuguhkan pertarungan seru dari ring tinju antara Chris John berhadapan dengan petinju asal Thailand (saya lupa namanya) tanpa sengaja melintas di pikiran saya lirik lagu rakyat dari Jambi. Ya dari Jambi, Kota kelahiran saya dan kota tempat saya dibesarkan.

Dari danau sampai muaro
Kau bagai nago dari selatan
bentuk mu indah arus mu tenang
kau telusuri kota jambi

Berapo zaman telah kau lewati
prasasti Kerajaan Melayu
sampai kini sampai kini
kau tetap akan abadi

Batanghari, oh Batanghari
kau kebanggaan, kau kebanggaan
dari Negeri Jambi.

Lagu tersebut menceritakan tentang kehebatan Sungai Batanghari yang sebagian besar berada di wilayah provinsi Jambi. Sungai Batanghari merupakan sungai yang terpanjang di Pulau Sumatera yang telah memberikan banyak manfaat dari zaman kerajaan hingga kini. Pada bait akhirnya menegaskan kebanggan masyarakat jambi memiliki Sungai Batanghari. Namun yang saya tekankan justru kata kedua dari lagu ini "danau". Tak ayal tempat tinggal di Jambi terletak hanya sekitar 3 km dari sebuah danau di Kota Jambi, Danau Sipin yang tak bisa lepas dari keberadaan Sungai Batanghari.

Danau Sipin ini terletak di pinggiran Kota Jambi, Simpang Buluran Kenali - Legok, Telanaipura, Kota Jambi. Tepatnya berada sekitar 200 m di samping Fakultas Kedokteran Unja. Dalam dunia geologi, danau ini disebut danau tapal kuda (oxbow lake) yang tak bisa lepas dari keberadaan Sungai Batanghari yang memiliki pola berkelok-kelok (meander). Kelokan-kelokan sungai ini, menunjukkan stadia tua pada sungai.


Sungai Batanghari dilihat dari citra google earth

Seperti kita lihat pada gambar diatas, Sungai Batanghari ini tergolong sungai yang berkelok. Sungai berkelok ini berkembang di daerah datar(landai) dengan kecepatan aliran yang konstan dan mengerosi secara lateral. Sesuai dengan lirik lagu tadi "arusmu tenang" yang berarti memiliki kecepatan aliran yang konstan, memang luar biasa nih lagu. Kelokan pada sungai semakin lama akan semakin berkelok karena arus akan mengerosi bagian kelok luar dan arus akan mengendapkan endapannya pada bagian kelok dalam.


Mekanisme erosi dan pengendapan arus ; Husein, Salahuddin 2010


Sungai akan semakin berkelok yang menyebabkan sungai bertambah panjang. Sifat air pasti akan mengambil jalan yang paling cepat untuk dilalui sehingga sungai akan meninggalkan potongan-potongan dan menyebabkan terjadinya danau tapal kuda(oxbow lake). Dalam kasus Sungai Batanghari ini, Danau Sipin adalah hasil dari kelokan sehingga disebut oxbow lake. Gambar berikut akan menjelaskan proses terbentuknya Danau Sipin yang merupakan oxbow lake.

Pembentukan Danau Tapal Kuda (Oxbow Lake) ; Husein, Salahuddin ; 2010

Danau Sipin yang merupakan oxbow lake menyimpan berbagai potensi, baik itu potensi negatif maupun potensi positif. Salah satu potensi negatif Danau Sipin adalah seringnya terjadi banjir di sekitar daerah ini pada saat musim hujan. Hal ini disebabkan lokasi Danau Sipin yang terletak pada daerah dataran banjir. Daerah sekitar Danau sipin ini akan berpotensi terkena banjir pada saat air sungai meluap bisa dikarenakan hujan sehingga sungai  melimpahkan volumenya ke daerah sekitar. Makan tidak heran apabila pada musim hujan Danau Sipin sering terkena banjir.

Selain berpotensi negatif, Danau Tapal Kuda satu ini juga memiliki berbagai potensi positif. Danau Sipin menyimpan pasokan ikan sungai yang cukup banyak sebagai bahan makanan masyarakat sekitar. Selain itu daerah sekitar danau, yang merupakan daerah dataran banjir, juga memiliki tanah yang subur. Hal ini dikarenakan daerah dataran banjir didominasi oleh endapan sungai berukuran halus (lanau hingga lempung) sehingga sangat cocok sebagai wilayah bercocok tanam. Potensi positif berikutnya ini sedang santer dikembangkan pemerintah yakni dijadikan wilayah wisata. Wajar saja, Danau Sipin memiliki panorama alam yang cukup indah. Vegetasi tumbuh subur di daerah ini. Bukan tidak mungkin suatu saat  tempat-tempat tongkrongan seperti kafe di sekitar Sipin Oxbow Lake akan tumbuh menjamur.


Kenampakan Sipin Oxbow Lake dari citra foto udara, http://www.liburantop.com/s3cdn/2010/08/sungai-batanghari-jambi1.jpg




Potensi Ikan yang cukup tinggi dari Danau Sipin, http://jalan2.com/city/jambi/danau-sipin/





Keindahan panorama alam di Danau Sipin, http://jalan2.com/city/jambi/danau-sipin/


Batanghari, oh Batanghari
kau kebanggaan, kau kebanggaan
dari Negeri Jambi



Mengingat beberapa bait dari lirik lagu tadi saja, kita telah memperoleh informasi mengenai Fenomena Danau Sipin yang merupakan oxbow lake. Masih banyak fenomena alam di Tanah Jambi yang menunggu untuk dijelaskan secara ilmiah bukan hanya secara dongeng. Keep Struggle.



DAFTAR PUSTAKA :
Husein, Salahuddin. 2010. Proses Eksogenik ; Erosi dan Sedimentasi. Yogyakarta ; Jurusan Teknik Geologi Universitas Gadjah Mada. Hal 12-15
http://jalan2.com/city/jambi/danau-sipin/    diakses pada 10/10/2012 pukul 00.17
http://id.wikipedia.org/wiki/Batang_Hari    diakses pada 9/10/2012 pukul 23.15

1 komentar: